Oleh Ika Noviana (14712251002) Konsentrasi Praktisi (Guru Kelas), Pendidikan Dasar, Pascasarjana UNY.
A. Review Berbagai Macam Teori Belajar/Alur Pikir Siswa
1. Teori Behaviorisme (Behaviorism Theory)
a. Pendidikan
Behaviorisme berfokus pada satu
pandangan tertentu tentang pembelajaran: perubahan perilaku eksternal dicapai
melalui penguatan (reinforcement) untuk
membentuk perilaku. Skinner menemukan bahwa perilaku dapat terbentuk ketika
penggunaan hadiah (reward) diberikan.
Perilaku yang diinginkan dihargai, sedangkan perilaku yang tidak diinginkan
dihukum. Memasukkan behaviorisme ke dalam kelas diperbolehkan pendidik untuk
membantu siswa dalam unggul secara akademis dan pribadi.
Dalam lingkungan pembelajaran
berbasis proyek (PBL), siswa dapat didorong untuk terlibat dengan proses
belajar dan rekan-rekan mereka dalam kelompok dengan penguatan positif dari fasilitator
yang terampil untuk meningkatkan tindakan-tindakan positif dari keterlibatan,
kontribusi dan pertanyaan. Perilaku negatif misalnya kurangnya keterlibatan,
kontribusi negatif, dapat diminimalkan melalui adanya penguat (misalnya ada
pujian atau perhatian).
b. Operant Conditioning
Operant Conditioning dikembangkan oleh B.F. Skinner pada tahun
1937 dan berkaitan dengan modifikasi "perilaku sengaja (voluntary
behavior)" atau perilaku instrumental. Operant Conditioning beroperasi pada lingkungan
dan dikelola oleh konsekuensi. Penguatan (reinforcement) dan hukuman (punishment),
alat-alat Operant Conditioning, adalah positif
(disampaikan menyusul respon), atau negatif (ditarik setelah respon). Skinner
menciptakan Skinner Box atau ruang operant conditioning untuk
menguji efek dari prinsip-prinsip operant
conditioning pada tikus. Dari penelitian ini, ia menemukan bahwa tikus
belajar sangat efektif jika mereka sering diberi hadiah. Skinner juga menemukan
bahwa ia bisa membentuk perilaku tikus melalui penggunaan hadiah, yang didapat
pada gilirannya akan diterapkan untuk belajar manusia juga.
c. Classical Conditioning
Meskipun operant conditioning memainkan peran terbesar dalam diskusi
mekanisme perilaku, classical conditioning (atau pengkondisian Pavlov atau
pengkondisian responden) juga merupakan proses perilaku analisis penting yang
tidak perlu mengacu pada proses internal mental atau lainnya. Eksperimen Pavlov
dengan anjing memberikan contoh yang paling akrab prosedur classical conditioning. Dalam pengkondisian sederhana,
anjing itu disajikan dengan rangsangan seperti cahaya atau suara, dan kemudian
makanan ditempatkan di mulut anjing. Setelah beberapa pengulangan urutan ini,
cahaya atau suara dengan sendirinya menyebabkan anjing untuk mengeluarkan air
liur. Meskipun Pavlov mengusulkan beberapa proses fisiologis tentatif yang
mungkin terlibat dalam pengkondisian klasik, ini belum dikonfirmasi. Gagasan classical conditioning membantu behavioris John Watson
menemukan mekanisme kunci dibalik bagaimana manusia memperoleh perilaku yang
mereka lakukan, yang menemukan refleks alami yang menghasilkan respon yang
dipertimbangkan.
2. Teori Kognitif Sosial (Social Cognitive Theory)
Bandura (1986) mengembangkan dan
mendefinisikan teori kognitif sosial yang mengusulkan bahwa orang-orang tidak
didorong oleh kekuatan batin atau secara otomatis dibentuk dan dikendalikan
oleh rangsangan eksternal (external
stimuli). Sebaliknya, fungsi manusia dijelaskan dalam hal model of triadic reciprocal determinism.
Dalam model ini, yang dapat divisualisasikan sebagai sebuah segitiga sama sisi,
perilaku, kognitif dan faktor personal lainnya dan peristiwa lingkungan semua
beroperasi sebagai penentu berinteraksi satu sama lain. Sifat orang kemudian
didefinisikan dalam perspektif triadic
ini.
Penelitian atas teori ini mengandung
banyak sisi yang membantu menjelaskan bagaimana orang memperoleh pengetahuan
tentang perilaku sosial manusia yang diperlukan agar dapat berfungsi. Salah
satu aspek penting pembelajaran sosial manusia adalah modeling.
Pada
tahun 1963 Bandura dan Walters pertama kali menggunakan istilah pembelajaran
sosial untuk menunjukkan bahwa pembelajaran akan sangat membosankan jika orang
harus bergantung pada trial and error
untuk belajar. Untungnya,
sebagian besar perilaku manusia dipelajari observasional melalui pemodelan.
Modeling adalah
metode pembelajaran sosial yang sangat efisien yang bisa dilakukan dialami
sendiri, hanya melalui pengamatan orang lain. Kelima jenis perilaku sosial yang
dapat dipelajari dengan cara ini adalah:
a.
keterampilan kognitif dan perilaku baru;
b.
memperkuat atau memperlemah hambatan yang dipelajari
sebelumnya;
c.
petunjuk sosial atau rangsangan;
d.
bagaimana menggunakan lingkungan;
e.
ketika menjadi terangsang dan apa reaksi emosional
untuk mengekspresikan. (Tuckman, 1992)
Self efficacy adalah konsep utama dalam teori perilaku dan motivasi
Bandura. Menurut Bandura self efficacy
adalah penilaian seseorang tentang kemampuan sendiri untuk melakukan suatu
tindakan berhasil. Teori Bandura memprediksi bahwa orang akan memilih,
bertahan, dan mengeluarkan usaha pada tugas-tugas yang mereka percaya bahwa
mereka dapat melaksanakan dengan sukses. Teori ini juga menunjukkan bahwa orang
akan menghindari situasi yang mereka percaya melebihi kemampuan mereka.
3. Pemrosesan Informasi Kognitif (Cognitive Information Processing)
Banyak
teori kognitif yang fokus pada bagaimana orang berpikir (memproses) informasi
yang mereka terima dari lingkungan, bagaimana mereka merasakan rangsangan di
sekitar mereka, bagaimana mereka "menempatkan" apa yang telah mereka
rasakan dalam ingatan mereka, bagaimana mereka "menemukan" apa yang
telah mereka pelajari ketika mereka harus menggunakannya, dan sebagainya. Teori
tersebut secara kolektif dikenal sebagai teori pemrosesan informasi.
Dilihat dari pemrosesan
informasi awal, terutama yang muncul pada tahun 1960-an, pembelajaran manusia
digambarkan sebagai mirip dengan bagaimana komputer memproses informasi. Namun
segera menjadi jelas bahwa analogi komputer adalah terlalu sederhana-bahwa
orang sering memikirkan dan menafsirkan informasi dengan cara yang sulit untuk
menjelaskan dalam cara yang kaku, algoritmik, satu hal yang selalu memimpin
untuk menuju sebuah prediksi-lain yang mencirikan komputer (misalnya, Hacker,
Dunlosky, & Graesser, 2009a; Marcus, 2008; Minsky, 2006; Rubin, 2006). Pada
saat ini, perspektif umum dikenal sebagai teori pemrosesan informasi mencakup
berbagai teori-teori tertentu tentang bagaimana orang secara mental menangani
informasi baru.
4. Teori Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning Theory)
Pembelajaran bermakna menentang hafalan dan mengacu
pada cara belajar di mana pengetahuan baru diperoleh berhubungan dengan
pengetahuan sebelumnya (Ausubel 2000). Dalam
teori pembelajaran kognitif, berdasarkan pada teori pemrosesan informasi
manusia, 3 proses inti pembelajaran adalah: bagaimana pengetahuan dikembangkan;
bagaimana pengetahuan baru yang terintegrasi ke dalam sistem kognitif yang
sudah ada; dan bagaimana pengetahuan menjadi otomatis.
Ausubel (1967: 10)
memfokuskan pada pembelajaran bermakna sebagai "jelas diungkapkan dan
tepat dibedakan pengalaman sadar yang muncul ketika berpotensi memaknai tanda,
simbol, konsep, atau proposisi terkait dan dimasukkan dalam struktur kognitif
individu tertentu" (Takač 2008, p. 26).
5. Pendekatan Perkembangan (Developmental Approach)
Jean Piaget seorang ahli biologi
Swiss percaya bahwa anak-anak mengembangkan kognisi dan pengetahuan dengan maju
melalui serangkaian tahap perkembangan. Hipotesis Piaget bahwa setiap tahap
terjadi secara berurutan, dan tidak ada tahap
yang terlewatkan. Untuk berpindah dari satu tahap ke tahap berikutnya,
anak-anak melalui asimilasi, akomodasi, dan keseimbangan, memperoleh dan
membangun skema yang ditransfer ke tahap berikutnya dan dibangun lebih lanjut
secara konstruksi (wikipedia.org).
Pusat teori Piaget adalah pada empat
tahap perkembangan yang terjadi pada anak-anak:
a. Tahap Sensorimotorik (masa kelahiran bayi sampai dengan usia 2 tahun):
1)
Kecerdasan ini ditunjukkan melalui aktivitas motorik tanpa menggunakan
simbol-simbol.
2)
Pengetahuan tentang dunia terbatas karena didasarkan pada interaksi
fisik/pengalaman.
3)
Anak-anak mendapatkan serapan objek sekitar 7 bulan.
4)
Perkembangan fisik (mobilitas) memungkinkan anak untuk mulai mengembangkan
kemampuan intelektual baru.
5)
Beberapa kemampuan simbolik (bahasa) yang dikembangkan pada akhir tahap
ini.
b. Tahap Pra-Operasional (masa balita usia 2 tahun sampai dengan usia 7 tahun):
1)
Kecerdasan ditunjukkan melalui penggunaan simbol-simbol, penggunaan bahasa
dewasa, dan memori dan imajinasi dikembangkan.
2)
Berpikir dilakukan secara tidak logis.
3)
Dominan berpikir egosentris (kegagalan untuk memahami bagaimana titik
pandang orang lain yang mungkin berbeda dari mereka sendiri).
c. Tahap Operasional Konkrit (masa sekolah usia 7 sampai dengan 11 tahun):
1)
Kecerdasan ini ditunjukkan melalui manipulasi logis dan sistematis simbol
yang berkaitan dengan benda-benda konkrit.
2)
Pemikiran operasional berkembang.
3)
Pemikiran egosentris berkurang.
d. Tahap Operasional Formal (masa remaja usia 11 tahun ke atas):
1)
Kecerdasan ini ditunjukkan melalui manipulasi logis dari simbol yang berkaitan
dengan konsep-konsep abstrak.
2)
Pada awal periode ini kembali ke pemikiran egosentris.
3)
Banyak orang dewasa tidak pernah mencapai tahap ini.
6. Teori Formasi Sosial (Social Formation Theory)
Formasi sosial berasal dari
tulisan-tulisan Karl Marx menunjuk struktur dan tahap masyarakat, seperti dalam
organisasi sosial dan pembangunan sosial (pra-kapitalis, kapitalis, komunis).
Seiring waktu dan dengan penyebarannya ke disiplin yang berbeda seperti
antropologi, studi budaya, sejarah, psikologi, dan studi agama, penggunaan dan
makna istilah yang diperoleh kurang tepat.
Marx merumuskan formasi sosial
sebagai struktur masyarakat dalam totalitas dan perubahannya, tidak selalu
sebagai "tahap", dari waktu ke waktu. Formasi sosial menentukan
lokasi dan artikulasi kekuasaan sekitar sumbu ras, etnis, gender, seksualitas,
kelas, dan bangsa. Formasi sosial menandai bentuk masyarakat dan bagian mereka
dan perubahan melalui ruang dan waktu ke waktu.
Konseptualisasi dari formasi sosial
menuntut berbeda jenis latihan membaca sastra. Alih-alih pembelajaran biasa
yang menjelaskan bagaimana ras, jenis kelamin, kelas, bangsa, dan seksualitas
muncul dan diwakili dalam teks, formasi sosial sebagai cara membaca memupuk
jenis lain dari kesadaran, fokus perhatian tentang bagaimana teks resmi
menunjukkan lokasi kekuasaan sebagai ekspresi hubungan antar ras, jenis
kelamin, kelas, bangsa, dan seksualitas. Tergantung pada kekhususan spesifik
teks, unsur-unsur tertentu akan datang ke depan sementara yang lain
melayang-layang di latar belakang; bukannya menyoroti satu hubungan atas yang
lain, formasi sosial mempertimbangkan kembali konstelasi tertentu kekuatan
dalam interaksi yang unik yang membentuk fitur radikal tertentu pada satu teks
dan bukan yang lain. Formasi sosial membawa berbagai jenis kewaspadaan terhadap
kekuatan bermain, baik secara formal dan naratif dalam teks.
7. Belajar Penemuan (Discovery Learning)
Discovery
Learning adalah teknik pembelajaran berbasis penyelidikan dan dianggap sebagai pendekatan konstruktivis berbasis pendidikan. Hal ini
didukung oleh karya teoretisi belajar dan psikolog Jean Piaget, Jerome Bruner, dan Seymour Papert. Bruner berpendapat bahwa "Praktek dalam
menemukan untuk diri sendiri mengajarkan seseorang untuk memperoleh informasi
dengan cara membuat informasi lebih mudah layak dalam pemecahan masalah"
(Bruner, 1961, hal. 26).
Discovery
Learning dapat terjadi ketika siswa tidak disediakan dengan jawaban yang tepat
melainkan bahan untuk menemukan jawaban sendiri. Discovery Learning terjadi dalam memecahkan situasi masalah di mana
siswa mengacu pada pengalamannya sendiri dan pengetahuan sebelumnya dan
merupakan metode pengajaran di mana siswa berinteraksi dengan lingkungannya
dengan mengeksplorasi dan memanipulasi benda, bergulat dengan pertanyaan dan
kontroversi atau melakukan percobaan.
8. Pendekatan Konstruktivis (Constructivist Approach)
Banyak teori kognitif sekarang
menggambarkan belajar lebih sebagai membangun pengetahuan daripada langsung
memperolehnya dari dunia luar. Beberapa teori (tetapi tidak semua) mengacu pada
perspektif ini sebagai konstruktivisme daripada teori pemrosesan informasi.
Peserta didik menggabungkan
berbagai hubungan spasial yang telah mereka pelajari menjadi representasi
mental yang umum tentang bagaimana lingkungan mereka. Dalam situasi ini, kita
melihat proses konstruksi yang terjadi secara terpisah dalam setiap siswa, yang
mencerminkan perspektif yang dikenal sebagai konstruktivisme individu.
Perspektif konstruktivis juga
menempatkan kendali untuk mengarahkan pembelajaran tepat di tangan siswa, guru
tidak bisa "menuangkan" pengetahuan ke dalam kepala siswa. Dalam situasi
lain, orang-orang bekerja sama untuk memahami dunia mereka. Sebuah perspektif
yang dikenal sebagai konstruktivisme sosial meliputi teori-teori yang berfokus
pada bagaimana orang bekerja sama untuk menciptakan pengetahuan baru.
9. Pendekatan Sosial (Social Approach)
a. Lev Vygotsky
Lev Vygotsky, seorang
psikolog Rusia, mengembangkan pandangan pembelajaran konstruktivisme sosial, di
mana zona perkembangan proksimal menjabat sebagai prinsip utama bagi pendidik
dan teori-teori pembelajaran di masa mendatang. Lev Vygotsky memperluas ide-ide Piaget dan secara
khusus melihat bagaimana interaksi dan kolaborasi sosial memungkinkan peserta
didik untuk belajar.
Vygotsky sangat tertarik pada
perkembangan anak dan bagaimana interaksi sosial berdampak pada perkembangan
anak. Dari sana ia menghasilkan beberapa konsepnya lebih besar seperti internalisasi dan Zone of Proximal Development (ZPD).
"Apa yang anak bisa lakukan
dengan bantuan hari ini, ia akan mampu melakukan sendirian besok"
(Vygotsky, hal. 81, 1978). Tidak seperti teori Piaget, di mana seorang anak
akan hanya dipengaruhi oleh masyarakat, Vygotsky berusaha untuk menjelaskan
perkembangan anak melalui praktek kolaboratif transformatif yang melibatkan
pengaruh budaya, alat-alat budaya, dan individu lainnya (Vianna, 2006).
Penekanan pada pembelajaran perkembangan ini adalah kolaborasi, yang mengarah
ke Vygotsky’s Zone of Proximal
Development (ZPD). Vygotsky menyatakan bahwa ZPD (Zone of Proximal Development) adalah "jarak antara tingkat
perkembangan aktual seperti yang ditentukan oleh pemecahan masalah independen
dan tingkat perkembangan potensial yang ditentukan melalui pemecahan masalah di
bawah bimbingan orang dewasa, atau bekerja sama dengan rekan-rekan yang lebih
mampu" (Vygotsky, hal. 86, 1978). Atau dengan kata lain, ZPD adalah area
di mana anak tidak bisa memecahkan masalah sendirian tapi dapat berhasil
menyelesaikannya di bawah bimbingan atau bekerja sama dengan orang dewasa atau
teman sebaya yang lebih maju (Woolfolk, 2000, p. 47).
b. Components of Cognitive Apprenticeship: Scaffolding
Wood, Bruner, dan Ross (1976,
seperti yang dikutip oleh Rollins Burch, 2007) pertama kali menggunakan istilah
scaffolding. Scaffolding digambarkan sebagai sistem pendukung yang membantu
anak-anak mencapai sukses pada tugas-tugas yang terlalu sulit bagi mereka untuk
mencapai sendiri.
Dalam dunia pendidikan, instructional scaffolding adalah
proses dukungan sementara yang membantu peserta didik karena mereka membangun
pemahaman dan kemajuan karena tidak dapat melakukan sesuatu, untuk dapat
melakukan tugas dengan bantuan, untuk dapat melakukannya secara mandiri.
Guru memiliki tanggung jawab untuk
mengidentifikasi tugas-tugas yang berada dalam ZPD siswa; tugas yang berada di luar siswa
tingkat kemampuan ini. Guru, tutor sebaya atau fasilitator lain memberikan bantuan
dan dukungan kepada siswa hanya dengan tugas-tugas yang siswa tidak dapat
menyelesaikan secara mandiri dan hanya pada waktu tertentu dari kebutuhan.
Siswa dapat berbuat lebih banyak dan lebih pada mereka sendiri, dukungan
berkurang sampai siswa mampu melakukan tugas tanpa bantuan.
c. Collaborative Learning
Collaborative
Learning merupakan metode pembelajaran yang mendorong pembelajaran melalui
kerjasama teman sebaya bekerja menuju tujuan bersama menjadi bertanggung jawab
untuk belajar satu sama lain sebaik kemampuan mereka. Dengan demikian,
keberhasilan seorang siswa membantu siswa lain untuk menjadi sukses (Gokhale,
1995).
d. Collaborative Knowledge-Building (CKB)
Konsep Collaborative
Knowledge-Building (CKB) diperkenalkan oleh Scardamalia dan Bereiter (1994) dalam penelitian
belajar mereka di sekolah, di mana mereka mengusulkan bahwa sekolah harus
berfungsi sebagai masyarakat membangun pengetahuan. Collaborative
Knowledge-Building adalah model pembelajaran di mana ada beberapa tahapan dibedakan yang
merupakan siklus membangun pengetahuan pribadi dan sosial.
Sebuah kondisi yang diperlukan untuk membangun
pengetahuan kolaboratif (Collaborative
Knowledge-Building) adalah bahwa peserta didik membawa pengetahuan individu sebelumnya ke
dalam situasi belajar dan memperjelas perbedaan pandangan dan pendapat dalam
rangka interaksi.
e. Social Learning Theory
Activity
Theory dalam Social Learning Theory bahwa ketika individu terlibat dan
berinteraksi dengan lingkungan mereka, mereka menyibukkan diri dengan produksi
dan menggunakan alat-alat untuk mendapatkan hasil. Teori ini berasal dari Uni
Soviet dan dibangun oleh penelitian dan studi Lev Vygotsky, Alexander Luria, dan Alexei Nikolaevich Leont'ev.
Engeström mempresentasikan gagasan bahwa Activity Theory bukanlah proses belajar
individu. Sebaliknya, belajar adalah fungsi sistem aktivitas yang menyesuaikan dan
berkembang berdasarkan peserta didik, alat-alat dan proses yang digunakan, dan
tantangan yang berkembang ketika bekerja dalam sebuah komunitas sosial
(Engeström, 1999).
f. Problem Based Learning (PBL)
PBL (Problem Based Learning) didasarkan pada teori-teori pendidikan Vygotsky, Dewey, dan
lain-lain, dan berhubungan dengan teori-teori sosial-budaya dan pembelajaran
konstruktivis dan desain pembelajaran. PBL secara sosial inheren dan kolaborasi
dalam metodologi dan mengajarkan soft
skills siswa serta domain konten yang spesifik dan keterampilan.
Dalam PBL adalah student centered. Para siswa berperan
aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, peran guru dan siswa bergeser,
sebagai guru harus memfasilitasi dan berkolaborasi dengan murid-muridnya untuk
mengembangkan makna konstruksi pada siswa. Oleh karena itu belajar menjadi
pengalaman timbal balik bagi siswa dan guru.
10. Pendekatan Teknologi (Technological Approach)
a. Connectivism
Connectivism mengusulkan bahwa belajar dan pengetahuan ada dalam jaringan. Dasar
teori belajar ini adalah Teori Aktivitas dan Konstruktivisme Sosial Vygotsky, melalui interaksi, kegiatan sosial dan belajar kolaborasi terjadi. Menurut
George Siemens, "Connectivism
menyajikan pembelajaran sebagai koneksi/proses pembentuk jaringan"
(Siemens, 2005).
Connectivism dikembangkan
oleh George Siemens karena keyakinan bahwa teori-teori pembelajaran saat ini
termasuk Behaviorisme, Kognitivisme, dan Konstruktivisme gagal untuk
mengatasi sifat pembelajaran di era digital. Pengetahuan tidak lagi hanya
berada dalam pikiran individu, namun didistribusikan di beberapa jaringan
ditingkatkan dengan teknologi, di mana belajar "terjadi di luar orang atau
dalam organisasi" (Siemens, 2005). Connectivism
bertujuan untuk mengatasi tidak hanya ledakan pengetahuan tetapi cara teknologi
telah mengubah cara kita "hidup, berkomunikasi, dan belajar" (Siemens,
2005).
b. Collaborative Learning
Pada desain collaborative
learning seperti kolaborasi mode on-line
yaitu internet dan berbagai software sosial telah
memberikan peluang untuk berpartisipasi dalam Komunitas Computer-Supported Collaborative
Learning (CSCL). Selanjutnya, pendidikan jarak jauh telah
berubah melalui pengembangan dan penggunaan sinkron (real time, pesan instan & panggilan konferensi) dan asynchronous (tidak secara real time, wiki, forum diskusi, blog
& google docs) komunikasi on-line. Sebelumnya program pembelajaran
on-line dan jarak jauh tidak mampu
pada kesempatan ini sehingga peserta didik diisolasi. Isolasi membatasi
kemampuan sepenuhnya mengembangkan kognisi.
c. Collaborative Knowledge-Building (CKB)
Pandangan belajar CKB sebagai proses sosial menggabungkan beberapa
tahapan variasi yang merupakan siklus membangun pengetahuan pribadi dan sosial. Dukungan komputer dapat digunakan untuk mengintegrasikan berbagai tahapan
dalam siklus membangun pengetahuan untuk meningkatkan lingkungan belajar dan
mempromosikan membangun pengetahuan kolaborasi. Komputer dan lingkungan belajar saat ini tidak cukup mendukung sifat
pembelajaran kolaboratif evolusi membangun pengetahuan dalam kelompok. Sekarang ada software seperti
Web 2.0 dan perangkat lunak sosial yang mungkin lebih cukup mendukung
pembangunan pengetahuan kolaboratif dalam lingkungan pembelajaran berbasis
komputer.
d. Complexity Theory
Teori kompleksitas, juga dikenal sebagai Teori
Sistem, menggambarkan kehidupan sebagai lingkungan yang selalu berubah.
Kompleksitas sebagai teori belajar memerlukan pembelajaran open-ended dan dengan demikian memberikan desain universal untuk
belajar—dimana pembelajaran dapat diakses oleh semua peserta didik melalui Web
dan hyper-linking. Internet Hyperlink memungkinkan pembaca untuk bercabang dari
arah yang berbeda dan memberikan contoh yang baik dari kompleksitas yang mirip
dengan proses pemikiran manusia.
Dalam Complexity Theory menggunakan
kemampuan Web dan hyper-linking,
siswa dapat membentuk jalur pembelajaran individual, gagasan yang cocok dalam
kerangka desain instruksional Complexivist,
yang menekankan pentingnya penemuan individu dan konstruksi/membangun
pengetahuan. Pendidikan harus menjadi proses yang berkesinambungan di mana
peserta didik terus berkembang untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan
pengetahuan baru.
e. Cognitive Apprenticeship
Metode Cognitive Apprenticeship
termasuk model, pembinaan dan scaffolding
pada bagian dari guru, disampaikan dan direfleksi oleh guru dan siswa, dan
eksplorasi lebih lanjut pada bagian dari siswa (Cennamo & Holmes, 1999). Melalui
Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa dapat mengakses ahli untuk mentor,
pemandu, atau memberi mereka arah. Aplikasi Simulasi Model masalah
otentik dan situasi untuk memfasilitasi eksperimen dan penemuan.
f. Differentiated Instruction (DI)
Differentiated
Instruction (DI), yang didirikan oleh Carol Ann Tomlinson,
berfokus pada bagaimana pembelajaran berkualitas dapat memenuhi kebutuhan
setiap peserta didik. Diferensiasi mengklaim "menanggapi kebutuhan semua
peserta didik" dengan memenuhi kebutuhan peserta didik individu
berdasarkan tingkat kesiapan, kepentingan, dan kemampuan mereka.
Ada beberapa aplikasi yang berbeda
dari model ini digunakan saat ini. Satu melihat bagaimana DI dapat secara
efektif diimplementasikan ketika mengintegrasikan teknologi ke dalam lingkungan
kelas. Hal ini juga yang terbaik dilakukan ketika menangani kecerdasan belajar
yang berbeda (multiple intelligences Howard
Gardner) dan gaya belajar. Model pembelajaran ini dirancang untuk memenuhi
kebutuhan semua siswa di kelas heterogen (Tomlinson, 2005).
g. Universal Design for Learning (UDL)
Paradigma UDL, pertama kali dikembangkan oleh Center for Applied Special
Technology (CAST), merupakan sarana menghargai berbagai ragam gaya
belajar individu tanpa memerlukan adaptasi. Kerangka teori ini mendorong
keberhasilan untuk semua peserta didik dengan inheren memiliki fleksibilitas
untuk mendukung kebutuhan masing-masing individu. UDL berlaku untuk semua
peserta didik, tidak secara eksklusif untuk individu penyandang cacat, tetapi
bertujuan untuk menyediakan semua orang dengan akses yang sama untuk belajar.
h. Desain Pembelajaran: CAI (Computer Assisted Instruction) sebagai Alat Pembelajaran
Computer Assisted
Instruction (CAI) mengacu pada program komputer yang menyediakan materi
pembelajaran, beberapa di antaranya juga menilai dan menyimpan catatan
pemahaman siswa. (Britannica, 2011). Menggunakan komputer memungkinkan
pembelajaran untuk memasukkan multimedia seperti teks, grafik, suara dan video
yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dengan gaya belajar yang berbeda.
i. Knowledge Forum
Knowledge
Forum adalah kolaboratif, asynchronous,
software pendidikan yang dirancang
untuk membantu dan membangun pengetahuan dukungan pedadogis, praktek dan
masyarakat. Ini adalah program konstruktivis sosial yang tujuannya adalah untuk
mendorong pola wacana siswa yang membangun pengetahuan bermakna dan membentuk
koneksi alami pada dunia nyata.
Peserta didik berkontribusi ke database masyarakat dengan teks dan
kemampuan grafis, yang terletak di server dan dapat diakses oleh semua orang di
komunitas itu. Kontribusi yang dibuat siswa ke database yang diawetkan dan
terus-menerus tersedia untuk pencarian, pengambilan, komentar, dan revisi.
Perangkat lunak ini juga memungkinkan semua pengguna termasuk mahasiswa,
pendidik, dan ahli lain untuk berkolaborasi dan berkontribusi ke database yang
host pengetahuan dari semua peserta.
Knowledge
Building Communities (KBC) menekankan pembangunan ide-ide baru melalui
kolaboratif, wacana demokrasi dalam lingkungan belajar. Sosial budaya KBC
menyediakan kesempatan dan alat untuk peserta untuk menciptakan pengetahuan
baru yang terus berkembang dan jutaan peserta didik dapat berkontribusi.
B. Hubungan Berbagai Macam Teori Belajar/Alur Pikir Siswa
Fokus Behaviorisme pada perubahan perilaku eksternal dicapai melalui
penguatan (reinforcement) untuk
membentuk perilaku. Skinner menemukan bahwa perilaku dapat terbentuk ketika
penggunaan hadiah (reward) diberikan.
Perilaku yang diinginkan dihargai, sedangkan perilaku yang tidak diinginkan
dihukum.
Dalam lingkungan pembelajaran berbasis proyek (PBL), siswa dapat didorong
untuk terlibat dengan proses belajar dan rekan-rekan mereka dalam kelompok dengan
penguatan positif dari fasilitator yang terampil untuk meningkatkan
tindakan-tindakan positif dari keterlibatan, kontribusi dan pertanyaan.
Perilaku negatif misalnya kurangnya keterlibatan, kontribusi negatif, dapat
diminimalkan melalui adanya penguat (misalnya ada pujian atau perhatian).
Dalam Teori Kognitif Sosial, fungsi manusia dijelaskan dalam hal model of triadic reciprocal determinism.
Dalam model ini, yang dapat divisualisasikan sebagai perilaku, kognitif dan
faktor personal lainnya dan peristiwa lingkungan semua beroperasi sebagai
penentu berinteraksi satu sama lain.
Teori Kognitif Sosial menjelaskan bagaimana orang memperoleh pengetahuan
tentang perilaku sosial manusia yang diperlukan agar dapat berfungsi. Salah
satu aspek penting pembelajaran sosial manusia adalah modeling. Modeling adalah
metode pembelajaran sosial yang sangat efisien yang bisa dilakukan dialami
sendiri, hanya melalui pengamatan orang lain. Hal yang dapat dipelajari dari
pengamatan orang lain seperti keterampilan kognitif dan perilaku baru;
memperkuat atau memperlemah hambatan yang dipelajari sebelumnya; petunjuk
sosial atau rangsangan; bagaimana menggunakan lingkungan; ketika menjadi
terangsang dan apa reaksi emosional untuk mengekspresikan. (Tuckman, 1992)
Perspektif umum dikenal sebagai
teori pemrosesan informasi mencakup berbagai teori-teori tentang bagaimana
orang secara mental menangani informasi baru. Bagaimana orang berpikir
(memproses) informasi yang mereka terima dari lingkungan, bagaimana mereka
merasakan rangsangan di sekitar mereka, bagaimana mereka
"menempatkan" apa yang telah mereka rasakan dalam ingatan mereka,
bagaimana mereka "menemukan" apa yang telah mereka pelajari ketika
mereka harus menggunakannya, dan sebagainya.
Pembelajaran bermakna menentang hafalan dan mengacu
pada cara belajar di mana pengetahuan baru diperoleh berhubungan dengan
pengetahuan sebelumnya (Ausubel 2000). Dalam
teori pembelajaran kognitif, berdasarkan pada teori pemrosesan informasi
manusia
Pendekatan perkembangan dimana pandangan Piaget bahwa anak-anak memperoleh
dan membangun skema yang ditransfer ke tahap perkembangan berikutnya dan
dibangun lebih lanjut secara konstruksi.
Marx merumuskan formasi sosial sebagai struktur masyarakat dalam totalitas
dan perubahannya, tidak selalu sebagai "tahap", dari waktu ke waktu.
Formasi sosial menentukan lokasi dan mengungkapkan kekuasaan sekitar sumbu ras,
etnis, gender, seksualitas, kelas, dan bangsa. Formasi sosial menandai bentuk
masyarakat dan bagian mereka dan perubahan melalui ruang dan waktu ke waktu.
Discovery Learning mengajarkan
memperoleh informasi dengan cara membuat informasi lebih mudah layak dalam
pemecahan masalah. Discovery Learning
terjadi dalam memecahkan situasi masalah di mana siswa mengacu pada
pengalamannya sendiri dan pengetahuan sebelumnya dan merupakan metode
pengajaran di mana siswa berinteraksi dengan lingkungannya dengan
mengeksplorasi dan memanipulasi benda, bergulat dengan pertanyaan dan
kontroversi atau melakukan percobaan.
Konstruktivisme menggambarkan
belajar lebih sebagai membangun pengetahuan daripada langsung memperolehnya
dari dunia luar. Perspektif konstruktivis menempatkan kendali untuk mengarahkan
pembelajaran tepat di tangan siswa, guru tidak bisa "menuangkan"
pengetahuan ke dalam kepala siswa. Dalam situasi lain, orang-orang bekerja sama
untuk memahami dunia mereka. Sebuah perspektif yang dikenal sebagai
konstruktivisme sosial meliputi teori-teori yang berfokus pada bagaimana orang
bekerja sama untuk menciptakan pengetahuan baru.
Secara umum
pendekatan sosial mempelajari bagaimana interaksi dan kolaborasi sosial memungkinkan
peserta didik untuk belajar (Collaborative). Vygotsky
mengembangkan pandangan pembelajaran konstruktivisme sosial. Dia sangat
tertarik pada perkembangan anak dan bagaimana interaksi sosial berdampak pada
perkembangan anak. Perlunya scaffolding
untuk membantu siswa mencapai Zone of
Proximal Development. Sekolah pun harus berfungsi sebagai masyarakat membangun pengetahuan (Collaborative Knowledge-Building).
Fungsi
sistem aktivitas yang menyesuaikan dan berkembang berdasarkan peserta didik,
alat-alat dan proses yang digunakan, dan tantangan yang berkembang ketika
bekerja dalam sebuah komunitas sosial (Social
Learning Theory). Dalam Problem
Based Learning peran guru dan siswa bergeser, sebagai guru harus
memfasilitasi dan berkolaborasi dengan murid-muridnya untuk mengembangkan makna
konstruksi pada siswa.
Perubahan kehidupan masyarakat saat ini dengan majunya perkembangan era
digital teknologi dan informasi membuat pemanfaatan Teknologi dan Informasi
Komputer dalam pendekatan teknologi dianggap efektif dalam proses belajar
siswa, belajar
dan pengetahuan ada dalam jaringan (Connectivism).
Kolaborasi mode on-line (Collaborative
Learning) yaitu internet dan berbagai software sosial telah
memberikan peluang untuk berpartisipasi dalam Komunitas Computer-Supported Collaborative
Learning (CSCL). Sekarang ada software
dan perangkat lunak sosial yang mungkin lebih cukup mendukung pembangunan
pengetahuan kolaboratif dalam lingkungan pembelajaran berbasis komputer (Collaborative Knowledge-Building). Melalui
Web dan hyper-linking, siswa dapat membentuk jalur
pembelajaran individual, gagasan yang cocok dalam kerangka desain instruksional
Complexivist, yang menekankan
pentingnya penemuan individu dan konstruksi/membangun pengetahuan. Pendidikan
harus menjadi proses yang berkesinambungan di mana peserta didik terus
berkembang untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan pengetahuan baru.
Melalui Teknologi
Informasi dan Komunikasi, siswa dapat mengakses ahli untuk mentor, pemandu,
atau memberi mereka arah (scaffolding).
Differentiated Instruction dapat secara
efektif diimplementasikan ketika mengintegrasikan teknologi ke dalam lingkungan
kelas. Hal ini juga yang terbaik dilakukan ketika menangani kecerdasan belajar
dan gaya belajar yang berbeda. Pada Universal Design for Learning dan desain
pembelajaran CAI (Computer Assisted
Instruction) merupakan sarana untuk menghargai gaya belajar setiap siswa
sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Knowledge Forum merupakan program konstruktivis
sosial yang tujuannya adalah untuk mendorong pola wacana siswa yang membangun
pengetahuan bermakna dan membentuk koneksi alami pada dunia nyata.
C. Peta Konsep Hubungan Berbagai Macam Teori Belajar/Alur Pikir Siswa
Gambar 1.
Peta Konsep Hubungan Berbagai Macam Teori Belajar/Alur Pikir Siswa
D. Sumber
Ormrod,
Jeanne Ellis. 2012. Human Learning 6th
Edition. United States of America: Pearson Education
Aslm, warna hitamnya tidak terlalu kelihatan.
BalasHapus